Sistem Informasi Kesehatan Elektronik yang selanjutnya disebut Simkes Elektronik adalah suatu sistem pencatatan dan pelaporan penyelenggaraan pelayanan kesehatan kepada pasien yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan penyimpanannya dilakukan secara elektronik.

Dalam penerapannya sistem ini memerlukan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang dapat mencatat semua kegiatan pelayanan kesehatan di Puskesmas baik yang bersifat kuratif, preventif maupun promotif. Software ini dirancang untuk dapat memberi kemudahan bagi operator (petugas Puskesmas) sehingga hanya diperlukan niat, tekad, kemauan, kemampuan, kedisiplinan, tanggung jawab dan ketelitian dalam pengisian data.


Aplikasi Simpustronik/SIMKES mempermudah perekapan data pasien dan integrasi rekam medik pasien dengan pelayanan kesehatan lainnya. sistem berjalan dengan baik ketika pengguna merasa puas terhadap sistem tersebut, oleh karena itu pada era yang dituntut serba cepat dan akurat dalam pelayanan maka SIMKES Web menjadi solusi dan keberadaanya sangat diperlukan.


Bimbingan Teknis Pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan bagi petugas Sistem Informasi Kesehatan Elektronik Puskesmas di Kabupaten Ngawi ini merupakan kesepakatan bahwa seluruh Petugas Puskesmas di Kab. Ngawi bersedia dan bertanggungjawab terhadap berjalan dan keberlanjutannya Aplikasi SIMKES Web ini.


Peserta sebanyak 45 Peserta terdiri dari : Petugas Admin Sistem informasi Kesehatan Elektronik Puskesmas, pengelola Program UKBM Dinas Kesehatan dan Tim SIK Dinas Kesehatan
Kegiatan yang dilaksanakan selamat tiga hari dari tanggal 15 – 7 Juni 2023 ini membahas materi antara lain : pengelolaan admin data, pengenalan fitur baru di aplikasi SIMKES dan diskusi pemecahan masalah yang sering dihadapi.