Hidup Sehat dengan Cerdik


CERDIK adalah slogan kesehatan yang setiap hurufnya mempunyai makna yaitu; C=Cek kesehatan secara berkala, E=Enyahkan asap rokok, R=Rajin aktifitas fisik, D=Diet sehat dengan kalori seimbang, I=Istirahat cukup dan K= Kelola stress. Perilaku CERDIK ini dapat diterapkan melalui kegiatan Posbindu PTM.

Cek Kondisi Kesehatan Secara Berkala
Cek kondisi kesehatan yang dimaksud adalah memeriksa tekanan darah (tensi), gula darah, dan kolesterol secara teratur. Cek tensi dan gula darah sebaiknya dilakukan minimal 1 kali dalam 1 bulan, terutama bagi orang yang memiliki faktor risiko, seperti kegemukan, keturunan hipertensi atau DM, dan perilaku kurang gerak dan konsumsi makanan yang tinggi lemak dan kurang serat.

Enyahkan asap rokok dan jangan merokok.
Rokok adalah faktor resiko berbagai macam penyakit seperti hipertensi, penyakit jantung, penyakit paru, kanker dan berbagai penyakit lainnya.

Rajin melakukan aktivitas fisik
Aktifitas fisik (olah raga) yang cukup perlu dilakukan minimal 30 menit tiap hari berupa senam, berjalan kaki, lari, bersepeda, dll, disesuaikan dengan kondisi tubuh dan usia. Jika Anda sibuk, oleh raga dapat dilakukan 2-3 hari sekali dengan waktu yang lebih lama, misalkan 40-60menit.

Diet Sehat dengan Gizi Seimbang.
Diet yang seimbang dengan mengkonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang. Konsumsi buah dan sayur minimal 5 porsi per hari, sedapat mungkin menekan konsumsi gula dan garam. Jaga berat badan tetap ideal.

Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup penting untuk kesehatan. Tidur akan membuat Anda merasa lebih baik, tak hanya sekedar untuk meningkatkan suasana hati, yang lebih penting adalah untuk menstabilkan fungsi kerja organ tubuh.

Kendalikan stres
Stres adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, terutama dalam kehidupan modern seperti sekarang ini.
Stres sulit dihindari, tapi dapat dikelola sehingga dampak stres tidak berbahaya bagi kesehatan bahkan menguntungkan karena stres dalam kadar yang wajar dapat menguntungkan dan membuat kita lebih berprestasi.

Leave a reply