Inovasi Pengelolaan Surat


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bentuk teknologi informasi menjadi salah satu latar belakang surat masuk dan surat keluar dikelola secara elektronik. Dengan adanya teknologi informasi, proses pengelolaan dan pengurusan surat dalam organisasi yang frekuensinya tinggi akan menjadi lebih mudah,tidak akan memakan waktu lama dan bisa di akses secara fleksibel secara mobile.

Surat Elektronik (SULE) Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi pertama kali dirancang dan  dikembangkan pada Tahun 2019, aplikasi ini merupakan  sebuah inovasi masa kini yang dapat memudahkan aparatur dalam hal pengelolaan surat menyurat dengan efektif dan efisien. Dirancang sebagai aplikasi web yang akan mempermudah pengelolaan administrasi surat menyurat di lingkungan perkantoran tanpa terhalang oleh batas ruang dan waktu.

SULE, merubah proses penatausahaan biasa menjadi luar biasa bagi jalannya tata kelola   administrasi perkantoran. Sistem yang dirancang membuat pelaksanaan penatausahaan administrasi perkantoran, khususnya pelaksanaan administrasi surat masuk dan keluar akan lebih maksimal, karena dapat menghilangkan resiko hilang dan rusaknya berkas, mengingat semua data terekam secara digital. Dokumen yang diarsipkan berbentuk digital memungkinkan pelaksanaan paperless dapat dijalankan yang dapat menghemat biaya pengeluaran. Proses penatausahaan administrasi surat menyurat akan menjadi lebih efisien, SULE akan memangkas waktu yang panjang. Dengan SULE disposisi surat masuk yang dilaksanakan dengan aplikasi ini akan dapat langsung diproses oleh Kepala Bidang, Sub Koordinator dan Staf Dinas Kesehatan, sehingga pelaksanaan pengambilan keputusan akan lebih efektif dan efisien.