Kesehatan gigi seringkali diabaikan oleh masyarakat Indonesia. Sebagien besar masyarakat menganggap bahwa masalah pada gigi tidak menyebabkan kematian sehingga tak menjadi prioritas untuk dijaga kesehatannya.

Untuk menekan jumlah masalah kesehatan gigi, Kementerian Kesehatan mencanangkan Indonesia Bebas Karies pada 2030 mendatang. Salah satu program yang dijalankan adalah menggalakkan upaya promotif untuk menyikat gigi dengan baik dan benar dan memberdayakan dokter dan terapis kesehatan gigi di Unit Kesehatan Sekolah dan puskesmas yang tersebar hingga ke pelosok Indonesia.

Menindaklanjuti pencanangan Indonesia bebas karies gigi pada tahun 2030, Dinas Kesehatan kabupaten Ngawi mengadakan kampanye Indonesia bebas karies yang diadakan selama 2 hari, tanggal 21 sampai dengan tanggal 22 September 2021.

Acara ini diisi narasumber DR. Taufan Bramantoro, drg. M.Kes dari Fakultas kedokteran Universitas Airlangga.

Walaupun acara tidak dihadiri secara langsung oleh narasumber, peserta yang terdiri dari dokter gigi, pengelola program kesehatan gigi dan kader posyandu mengikuti dengan antusias hingga akhir acara.